Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Sendi merupakan penyatu antara tulang sehingga bagian ini bisa bergerak. Hubungan antar tulang tersebut diartikan dengan persendian. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia serta hewan.

Peranan sendi adalah memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi bermanfaat sebagai sumbu anggota gerak. Adapun tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, walaupun sangat bermanfaat dalam memberikan keseimbangan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia yakni sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Bagian pembentuk atau penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Adalah jaringan seperti pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergeseran lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lapisan berserabut yang membungkus sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yaitu menyatukan 2 tulang di sendi.



  • Kartilago Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang menutupi kedua penghujung tulang. Peran tulang rawan hialin ialah untuk menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas pada kapsula sendi.

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, jenis persendi dibagi menjadi:



  • Sendi Mati





Yaitu model sendi yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang di sendi Sendi Mati dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Merupakan tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Merupakan tipe sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, dua arah, atau ke segala arah. Contohnya diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Geraknya



Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana diantaranya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru ialah sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Merupakan tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat mengelilingi poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju dan mundur, akan tetapi tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan polanya, Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya mampu dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tidak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago serta disuport oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang kesemua persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang punya ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikianlah uraian tentang Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment