Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya - Sendi merupakan satu dari sekian bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Sendi yakni penyatu antar tulang sehingga bagian ini bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan persendian. Sendi inilah terdapat dalam tubuh manusia dan hewan.

Manfaat sendi yaitu memberikan keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi bermanfaat sebagai sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, walaupun sangat berfungsi dalam memberi keseimbangan pada tubuh.

Total jumlah sendi dalam tubuh manusia adalah berkisar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan berbentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi serta menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi ketika sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Sisi dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi adalah menghubungkan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Peran tulang rawan hialin ialah demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas di kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Menurut karakter pergerakannya, jenis persendian dibedakan jadi:



  • Sinartosis





Merupakan macam persendian yang tidak dapat digerakkan, biasanya tulang di persendian Sinartosis disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Yaitu contoh persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Jenis sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Merupakan tipe persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, ke 2 arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya Menurut Arah Pergerakannya



Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru yaitu sendi di tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yaitu sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah macam sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung yaitu tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan mundur maju, walaupun tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya bisa dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya ialah pada lutut.

Demikian paparan tentang Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya"

Post a Comment