Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya

Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya - Sendi menjadi contoh bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Sendi adalah penghubung antar tulang sehingga bagian ini dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini dimiliki di tubuh manusia serta hewan.

Peranan sendi adalah memberikan keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berguna untuk sumbu anggota gerak. Adapula macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil mobilitas, biarpun sangat berfungsi dalam memberi keseimbangan dalam tubuh.

Semua jumlah sendi pada tubuh manusia yakni berkisar 360 sendi.

Partikel Pembentuk Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya



Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya



Unsur pembentuk dan penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersususn atas serabut liat yang erat antar tulang pada sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergeseran lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang membungkus sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menghubungkan 2 tulang di sendi.



  • Kartilago Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua penghujung tulang. Peran tulang rawan hialin adalah suapaya menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, contoh persendian dibedakan jadi:



  • Sinartosis





Merupakan model sendi yang tidak dapat digerakkan, rata-rata tulang pada persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan jenis sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, dua arah, maupun ke segala arah. Contohnya diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya berdasarkan arah pergerakannya bisa dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel ialah sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Tipe sendi peluru yakni sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat mengitari poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi dan maju dan mundur, akan tetapi tidak memutari poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Menurut strukturnya, Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang kesemua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang memiliki ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya ialah pada lutut.

Demikian penjabaran tentang Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi Beserta Gambarnya"

Post a Comment