Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi adalah contoh organ yang sangat vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yakni pemersatu antara tulang sehingga tulang dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut biasa disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi itu terdapat dalam tubuh manusia dan hewan.

Peran sendi yakni memberi elastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berguna untuk sumbu anggota gerak. Adapula jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, biarpun sangat bermanfaat dalam memberikan keseimbangan dalam tubuh.

Total jumlah sendi di tubuh manusia adalah berkisar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang lekat antar tulang di sendi serta menjaga biar tidak terjadi perpindahan lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melapisi sendi. Komponen di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Peranan tulang rawan hialin yaitu untuk menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas di kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Karakter Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, contoh persendi dibedakan menjadi:



  • Sendi Mati





Yaitu macam sendi yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang dalam persendian Sinartosis dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Yaitu contoh persendian yang hanya memungkinkan terjadi sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Merupakan tipe persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, ke dua arah, ataupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya berdasarkan arah geraknya dapat dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Contoh sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Jenis sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Merupakan macam sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa berputar pada poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi dan maju mundur, akan tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Strukturnya



Menurut strukturnya, Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya dapat dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan oleh kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang memiliki ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya adalah di lutut.

Demikian penjabaran tentang Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment