Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi yaitu salah satu organ yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi adalah pemersatu antar tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi tersebut ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Peranan sendi yaitu memberikan keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berperan untuk sumbu anggota gerak. Ada juga jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil mobilitas, meski demikian sangat bermanfaat dalam memberi keseimbangan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi pada tubuh manusia yaitu lebih kurang 360 sendi.

Bagian Pembentuk Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Merupakan jaringan berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergeseran lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang membungkus sendi. Komponen di dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menyambungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin adalah untuk menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, contoh persendi dibedakan jadi:



  • Sendi Mati





Merupakan tipe persendian yang tidak dapat digerakkan, biasanya tulang di persendian Sendi Mati dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Merupakan tipe sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu macam persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya menurut arah pergerakannya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yakni sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu macam sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju dan mundur, akan tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Polanya



Menurut polanya, Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang memiliki ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan juga gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikian paparan tentang Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment