Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya - Sendi yaitu satu dari sekian bagian yang sangat vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yaitu penyatu antara tulang sehingga mereka bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi ini dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Peran sendi yaitu memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi bermanfaat sebagai poros anggota gerak. Adapun jenis sendi di tubuh yang hanya memberikan minim pergerakan, namun sangat bermanfaat dalam memberi keseimbangan dalam tubuh.

Total jumlah sendi di tubuh manusia ialah sekitar 360 sendi.

Partikel Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Komponen pembentuk atau penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang erat antar tulang pada sendi dan menjaga biar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang membungkus sendi. Sisi di dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi adalah menyatukan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua ujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin yakni agar menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu cairan pelumas di kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, contoh persendi dibagi jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah jenis persendian yang tidak dapat digerakkan, rata-rata tulang pada sendi Sendi Mati dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu jenis sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Arah Geraknya



Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya berdasarkan arah pergerakannya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana diantaranya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru yakni sendi di tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi pada tulang lain. Jenis sendi putar yaitu sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Adalah tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa mengitari poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju mundur, namun tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada dalam telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya Menurut Bentuknya



Menurut polanya, Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya disatukan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya adalah pada lutut.

Demikian pemaparan tentang Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya"

Post a Comment