Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi adalah satu dari sekian organ yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi yakni penyatu antar tulang sehingga bagian ini bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan persendian atau artikulasi. Sendi itu ada di tubuh manusia dan hewan.

Kegunaan sendi yakni memberi fleksibilitas dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berfungsi untuk poros anggota gerak. Adapula macam sendi di tubuh yang hanya memberikan sekelumit mobilitas, sekalipun sangat bermanfaat dalam memberi kestabilan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi pada tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Bagian Pembentuk Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang erat antar tulang pada sendi serta menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Elemen pada kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yaitu menyatukan 2 tulang pada sendi.



  • Kartilago Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang menutupi kedua puncak tulang. Fungsi tulang rawan hialin yakni agar menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas di kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Karakter Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, contoh sendi dibagi menjadi:



  • Sendi Mati





Merupakan jenis persendian yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang dalam persendian Sendi Mati dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Merupakan jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Jenis sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya berdasarkan arah pergerakannya bisa dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru yakni sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Tipe sendi putar adalah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping serta maju atau mundur, namun tidak mengelilingi poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Bentuknya



Berdasarkan polanya, Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan dengan kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang kesemua persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang punya ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah pada lutut.

Demikianlah paparan tentang Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment