Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya - Sendi menjadi contoh organ yang sangat penting dalam tubuh.

Sendi yakni penyatu antar tulang sehingga tulang bisa digerakkan. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi ini dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Manfaat sendi yakni memberikan keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi bermanfaat sebagai poros anggota gerak. Adapun jenis sendi di tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, meski demikian sangat berperan dalam memberikan kekuatan pada tubuh.

Total jumlah sendi di tubuh manusia yaitu berkisar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi serta menjaga agar tidak terjadi perpindahan lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah barisan berserabut yang membungkus sendi. Elemen di dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyambungkan dua tulang pada sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua puncak tulang. Peranan tulang rawan hialin ialah untuk menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, tipe persendi dibedakan menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Merupakan tipe persendian yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang dalam sendi Sendi Mati disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Yaitu tipe sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, dua arah, atau ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi di tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana antara lain sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Contoh sendi peluru adalah sendi di tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Tipe sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta maju mundur, walaupun tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Menurut Polanya



Berdasarkan strukturnya, Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago serta disuport oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi jadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang memiliki ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya adalah dalam lutut.

Demikian paparan tentang Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment