Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya

Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya - Sendi ialah satu dari sekian organ yang penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi merupakan pemersatu antara tulang sehingga mereka bisa digerakkan. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini terdapat dalam tubuh manusia dan hewan.

Fungsi sendi yaitu memberi elastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berperan untuk sumbu anggota gerak. Ada juga tipe sendi dalam tubuh yang hanya memberikan secuil mobilitas, biarpun sangat berperan dalam memberikan keseimbangan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia yakni lebih kurang 360 sendi.

Komponen Pembentuk Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya



Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang lekat antar tulang pada sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lembaran berserabut yang membungkus sendi. Elemen di kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyambungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Fungsi tulang rawan hialin yaitu agar menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, jenis sendi dibagi jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu model sendi yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Adalah tipe sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Adalah macam sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya menurut arah pergerakannya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Jenis sendi putar adalah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat memutari poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju atau mundur, tetapi tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada dalam telapak tangan.

Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya disatukan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan menjadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang kesemua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikian uraian tentang Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi Beserta Gambarnya"

Post a Comment