Contoh Sendi dan Fungsinya

Contoh Sendi dan Fungsinya - Sendi merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh.

Sendi ialah pemersatu antar tulang sehingga tulang dapat bergerak. Hubungan antar tulang tersebut diartikan dengan persendian atau artikulasi. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Peran sendi adalah memberikan keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berperan sebagai poros anggota gerak. Ada juga macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sekelumit pergerakan, namun sangat berperan dalam memberi kestabilan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi pada tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Bagian Pembentuk Contoh Sendi dan Fungsinya



Contoh Sendi dan Fungsinya



Komponen pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi dan menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi pada saat sendi serta tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lapisan berserabut yang melapisi sendi. Bagian dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menyatukan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Merupakan jaringan tulang rawan yang menutupi kedua puncak tulang. Manfaat tulang rawan hialin ialah untuk menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh Sendi dan Fungsinya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, jenis persendian dipilah menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah model sendi yang tidak bisa digerakkan, kebanyakan tulang dalam persendian Sendi Mati dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah jenis sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Yaitu jenis sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, atau ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Contoh Sendi dan Fungsinya menurut arah geraknya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru yaitu sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang dapat digerakkan ke samping serta mundur maju, kendati tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Contoh Sendi dan Fungsinya Berdasarkan Strukturnya



Berdasarkan bentuknya, Contoh Sendi dan Fungsinya mampu dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan serta gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikianlah ulasan tentang Contoh Sendi dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi dan Fungsinya"

Post a Comment