Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi yaitu contoh bagian yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi adalah penyatu antara tulang sehingga bagian ini bisa digerakkan. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi tersebut terdapat di tubuh manusia serta hewan.

Peranan sendi yakni memberikan elastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berperan sebagai sumbu anggota gerak. Adapula jenis sendi dalam tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, meski demikian sangat berfungsi dalam memberikan keseimbangan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi dalam tubuh manusia yakni berkisar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Komponen pembentuk atau penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Yaitu jaringan berbentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi serta menjaga supaya tidak terjadi perpindahan lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan barisan berserabut yang melapisi sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menghubungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Peranan tulang rawan hialin ialah untuk menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Karakter Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, jenis persendian dibagi menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Merupakan model persendian yang tidak bisa digerakkan, umumnya tulang dalam sendi Sinartosis dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah tipe sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, ke 2 arah, ataupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Contoh sendi peluru yakni sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar ialah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Adalah macam sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping serta maju atau mundur, tetapi tidak memutari poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang kesemua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang memiliki ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya adalah dalam lutut.

Demikian ulasan tentang Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment