Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya

Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya - Sendi merupakan contoh organ yang sangat vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi merupakan menghubungkan antar tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi itu ada di tubuh manusia serta hewan.

Peran sendi adalah memberi plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga berfungsi untuk poros anggota gerak. Adapun tipe sendi pada tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, biarpun sangat berfungsi dalam memberikan kekuatan pada tubuh.

Total jumlah sendi pada tubuh manusia ialah sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Yaitu jaringan seperti pita yang tersususn atas serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi serta menjaga agar tidak terjadi pergeseran lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Bagian di dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi adalah menyambungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua penghujung tulang. Peran tulang rawan hialin adalah untuk menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Mengikuti sifat pergerakannya, jenis persendi dibedakan menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu model sendi yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang dalam persendian Sinartosis disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu tipe sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke dua arah, atau ke segala penjuru. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya menurut arah geraknya dapat dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yakni sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Adalah macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping serta maju atau mundur, tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan polanya, Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya disatukan oleh kartilago dan didukung oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan menjadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya yaitu dalam lutut.

Demikianlah paparan tentang Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi Pada Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment