Macam-Macam Sendi dan Letaknya

Macam-Macam Sendi dan Letaknya - Sendi adalah satu dari sekian bagian yang penting dalam tubuh manusia.

Sendi adalah penghubung antara tulang sehingga bagian ini bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut diartikan dengan persendian. Sendi tersebut ada dalam tubuh manusia serta hewan.

Guna sendi yaitu memberi kelenturan dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berfungsi untuk sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, sekalipun sangat berperan dalam memberi kekuatan di tubuh.

Total jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Macam-Macam Sendi dan Letaknya



Macam-Macam Sendi dan Letaknya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Merupakan jaringan berbentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang mengikat antar tulang dalam sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang melapisi sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyambungkan dua tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua pucuk tulang. Peran tulang rawan hialin yaitu suapaya menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi dan Letaknya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, contoh persendian dibedakan jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah jenis sendi yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang di persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Yaitu jenis sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah macam sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, atau ke segala penjuru. Contohnya diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Macam-Macam Sendi dan Letaknya Berdasarkan Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi dan Letaknya berdasarkan arah pergerakannya bisa dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Contoh sendi peluru adalah sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar adalah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa memutari sumbu. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi dan mundur maju, tetapi tidak mengelilingi poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Macam-Macam Sendi dan Letaknya Menurut Strukturnya



Berdasarkan bentuknya, Macam-Macam Sendi dan Letaknya dapat dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang pangkal tulangnya disatukan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan jadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang kesemua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya adalah di lutut.

Demikianlah ulasan tentang Macam-Macam Sendi dan Letaknya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi dan Letaknya"

Post a Comment