Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi menjadi satu dari sekian bagian yang penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah menghubungkan antar tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan persendian atau artikulasi. Sendi itu terdapat dalam tubuh manusia dan hewan.

Fungsi sendi adalah memberi keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga bermanfaat sebagai sumbu anggota gerak. Adapula jenis sendi dalam tubuh yang hanya memberikan segelintir mobilitas, namun sangat bermanfaat dalam memberi kestabilan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi pada tubuh manusia adalah sekitar 360 sendi.

Partikel Pembentuk Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Unsur pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang erat antar tulang di sendi serta menjaga biar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Bagian dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yaitu menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua puncak tulang. Peran tulang rawan hialin ialah suapaya menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Yaitu cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Sifat Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, contoh persendian dibagi jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu jenis sendi yang tidak dapat digerakkan, lazimnya tulang di sendi Sinartosis disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Yaitu macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah pergerakannya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Jenis sendi peluru adalah sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Tipe sendi putar adalah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yaitu tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju dan mundur, tetapi tidak mengelilingi poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya disatukan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi menjadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang memiliki ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah pada lutut.

Demikianlah uraian tentang Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment