Contoh Sendi dan Letaknya

Contoh Sendi dan Letaknya - Sendi adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi merupakan penyatu antar tulang sehingga bagian ini bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan artikulasi atau persendian. Sendi inilah ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Peranan sendi yakni memberi keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berfungsi sebagai sumbu anggota gerak. Adapun tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan segelintir pergerakan, meski demikian sangat berperan dalam memberi kestabilan di tubuh.

Semua jumlah sendi di tubuh manusia yakni sekitar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Contoh Sendi dan Letaknya



Contoh Sendi dan Letaknya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang dalam sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang membungkus sendi. Sisi di dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menghubungkan 2 tulang di sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua ujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin yaitu suapaya menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh Sendi dan Letaknya Menurut Karakter Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, jenis persendi dibedakan menjadi:



  • Sinartosis





Merupakan macam sendi yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang di sendi Sendi Mati disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Yaitu tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan macam persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, ke 2 arah, ataupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi dan Letaknya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Contoh Sendi dan Letaknya menurut arah geraknya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Contoh sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta maju dan mundur, walaupun tidak mengelilingi poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Contoh Sendi dan Letaknya Menurut Polanya



Berdasarkan strukturnya, Contoh Sendi dan Letaknya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tanpa punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang kesemua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu dalam lutut.

Demikian paparan tentang Contoh Sendi dan Letaknya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi dan Letaknya"

Post a Comment