Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya

Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi ialah contoh bagian yang penting dalam tubuh.

Sendi adalah menghubungkan antara tulang sehingga bagian ini bisa bergerak. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan persendian. Sendi ini terdapat di tubuh manusia serta hewan.

Manfaat sendi yakni memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga berperan sebagai sumbu anggota gerak. Adapula macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan secuil mobilitas, walaupun sangat berfungsi dalam memberikan kekuatan pada tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi pada tubuh manusia yakni kurang lebih 360 sendi.

Partikel Pembentuk Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang berbentuk pita yang tersususn atas serabut liat yang lekat antar tulang di sendi dan menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lapisan berserabut yang melindungi sendi. Bagian pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menghubungkan 2 tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua puncak tulang. Manfaat tulang rawan hialin adalah untuk menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan ciri pergerakannya, contoh sendi dipilah jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu macam persendian yang tidak bisa digerakkan, umumnya tulang di persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Adalah tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Jenis sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Merupakan macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke 2 arah, maupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah pergerakannya dapat dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Jenis sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Yaitu tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa mengitari sumbu. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju dan mundur, tetapi tidak memutari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada dalam telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Polanya



Berdasarkan bentuknya, Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya mampu dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya disatukan dengan kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya ialah di lutut.

Demikianlah uraian tentang Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment