Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya - Sendi merupakan satu dari sekian organ yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yakni penghubung antar tulang sehingga mereka bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini dimiliki di tubuh manusia dan hewan.

Guna sendi adalah memberikan keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi bermanfaat sebagai sumbu anggota gerak. Adapun macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sekelumit pergerakan, sekalipun sangat berfungsi dalam memberi keseimbangan dalam tubuh.

Total jumlah sendi pada tubuh manusia yakni lebih kurang 360 sendi.

Unsur Pembentuk Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Yaitu jaringan berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang erat antar tulang pada sendi serta menjaga agar tidak terjadi perpindahan lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang membungkus sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menyatukan 2 tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua penghujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin yaitu demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti sifat pergerakannya, jenis persendi dipilah menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah versi sendi yang tidak dapat digerakkan, lazimnya tulang pada persendian Sendi Mati dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Merupakan contoh sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Contoh sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Adalah tipe sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke 2 arah, ataupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (ke segala arah).

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya berdasarkan arah geraknya bisa dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Jenis sendi peluru ialah sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yakni sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat berputar pada poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju dan mundur, kendati tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya bisa dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan dengan kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikianlah penjabaran tentang Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment