Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi adalah contoh organ yang penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yakni penghubung antar tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut biasa diartikan dengan persendian. Sendi tersebut terdapat di tubuh manusia dan hewan.

Manfaat sendi adalah memberikan keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berperan sebagai sumbu anggota gerak. Adapun tipe sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, walaupun sangat bermanfaat dalam memberi keseimbangan dalam tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi di tubuh manusia adalah lebih kurang 360 sendi.

Partikel Pembentuk Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Yaitu jaringan seperti pita yang tersususn oleh serabut liat yang mengikat antar tulang dalam sendi serta menjaga supaya tidak terjadi perubahan lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah barisan berserabut yang membungkus sendi. Bagian dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menghubungkan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua penghujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin yakni agar menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas di kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, contoh persendian dibagi menjadi:



  • Sendi Mati





Yaitu model sendi yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang dalam sendi Sendi Mati disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Merupakan jenis persendian yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Jenis sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Adalah macam persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, dua arah, ataupun ke segala arah. Contohnya sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Yaitu tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa memutari poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping dan mundur maju, kendati tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Menurut bentuknya, Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya disatukan dengan kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang kesemua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang terdapat ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah di lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment