Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi adalah salah satu bagian yang penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi adalah penghubung antara tulang sehingga bagian ini dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan persendian. Sendi inilah terdapat dalam tubuh manusia juga hewan.

Manfaat sendi yakni memberi elastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berperan sebagai poros anggota gerak. Ada juga macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, biarpun sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan di tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi pada tubuh manusia yakni berkisar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Unsur pembentuk dan penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi serta menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lembaran berserabut yang melapisi sendi. Sisi di dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menghubungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Peranan tulang rawan hialin ialah agar menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, jenis persendi dibagi jadi:



  • Sendi Mati





Merupakan jenis sendi yang tidak bisa digerakkan, kebanyakan tulang pada persendian Sinartosis (Sendi Mati) disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah contoh persendian yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Yaitu macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah pergerakannya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru adalah sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Yaitu jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat mengitari poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi dan maju atau mundur, tetapi tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Polanya



Berdasarkan bentuknya, Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikianlah uraian tentang Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment