Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya

Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya - Sendi ialah salah satu bagian yang penting dalam tubuh manusia.

Sendi yaitu penghubung antara tulang sehingga tulang dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi ini ada dalam tubuh manusia juga hewan.

Fungsi sendi adalah memberikan keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berguna sebagai sumbu anggota gerak. Adapula tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan minim pergerakan, namun sangat berperan dalam memberi keseimbangan dalam tubuh.

Total jumlah sendi pada tubuh manusia yakni lebih kurang 360 sendi.

Bagian Pembentuk Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya



Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang memiliki bentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang mengikat antar tulang dalam sendi serta menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Bagian di dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyambungkan 2 tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua puncak tulang. Fungsi tulang rawan hialin adalah demi menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, jenis persendian dibagi jadi:



  • Sinartosis





Adalah tipe sendi yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Merupakan contoh persendian yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Tipe sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Yaitu macam persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya Berdasarkan Arah Geraknya



Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya berdasarkan arah pergerakannya bisa dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Jenis sendi peluru ialah sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Jenis sendi putar adalah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Adalah tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat mengelilingi poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi dan maju dan mundur, akan tetapi tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya Menurut Strukturnya



Berdasarkan strukturnya, Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya dapat dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan dengan kartilago serta disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang kesemua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang mempunyai ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman juga gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikian paparan tentang Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi dan Penjelasannya"

Post a Comment