Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi ialah salah satu bagian yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi merupakan pemersatu antara tulang sehingga mereka bisa bergerak. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi inilah ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Manfaat sendi yaitu memberi plastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi bermanfaat sebagai poros anggota gerak. Adapun jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan segelintir pergerakan, biarpun sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan dalam tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia ialah kurang lebih 360 sendi.

Komponen Pembentuk Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang erat antar tulang di sendi serta menjaga agar tidak terjadi pergantian lokasi ketika sendi serta tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lapisan berserabut yang melindungi sendi. Elemen di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menyatukan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua penghujung tulang. Peran tulang rawan hialin yaitu suapaya menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas pada kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, tipe persendian dipilah jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu tipe persendian yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang di sendi Sendi Mati dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Adalah tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Contoh sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Merupakan macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, dua arah, ataupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah geraknya dapat dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju mundur, akan tetapi tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi menjadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang memiliki ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya adalah dalam lutut.

Demikian paparan tentang Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment