Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya - Sendi merupakan satu dari sekian bagian yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yaitu penyatu antar tulang sehingga mereka dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut biasa diartikan dengan persendian atau artikulasi. Sendi inilah ada dalam tubuh manusia serta hewan.

Peran sendi yaitu memberi plastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi bermanfaat sebagai sumbu anggota gerak. Adapula macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, meski demikian sangat berfungsi dalam memberi kekuatan pada tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi dalam tubuh manusia adalah berkisar 360 sendi.

Partikel Pembentuk Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang memiliki bentuk pita yang tertata atas serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lembaran berserabut yang melindungi sendi. Elemen di dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menyambungkan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua puncak tulang. Peran tulang rawan hialin ialah agar menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut karakter pergerakannya, contoh persendi dibagi jadi:



  • Sendi Mati





Yaitu macam persendian yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Adalah jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu jenis persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, atau ke segala penjuru. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya berdasarkan arah pergerakannya dapat dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju mundur, walaupun tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya Menurut Strukturnya



Berdasarkan polanya, Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tanpa memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan jadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya adalah pada lutut.

Demikianlah uraian tentang Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Letaknya"

Post a Comment