Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya - Sendi yaitu contoh bagian yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yaitu penghubung antara tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi tersebut dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Peran sendi yaitu memberi keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga berguna sebagai poros anggota gerak. Ada juga macam sendi di tubuh yang hanya memberikan sekelumit pergerakan, biarpun sangat berperan dalam memberikan kestabilan dalam tubuh.

Semua jumlah sendi di tubuh manusia yaitu lebih kurang 360 sendi.

Komponen Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang erat antar tulang pada sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang membungkus sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yaitu menyambungkan dua tulang pada sendi.



  • Kartilago Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua ujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin ialah demi menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu cairan pelumas pada kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Menurut Karakter Pergerakannya



Berdasarkan sifat pergerakannya, contoh persendian dibedakan jadi:



  • Sinartosis





Adalah tipe persendian yang tidak dapat digerakkan, rata-rata tulang pada sendi Sinartosis (Sendi Mati) disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Merupakan jenis sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah jenis sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Contoh sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Contoh sendi putar yakni sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat memutari sumbu. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju mundur, namun tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Menurut Polanya



Menurut polanya, Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya biasanya dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya disatukan oleh kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman juga gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikian pemaparan tentang Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment