Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya

Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya - Sendi adalah satu dari sekian organ yang sangat vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah menghubungkan antar tulang sehingga tulang dapat bergerak. Hubungan antar tulang tersebut disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi tersebut ada dalam tubuh manusia juga hewan.

Peran sendi yakni memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi bermanfaat untuk poros anggota gerak. Ada juga tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, meski demikian sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan pada tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi dalam tubuh manusia yakni sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya



Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang memiliki bentuk pita yang tertata atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang dalam sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lapisan berserabut yang membungkus sendi. Elemen di dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyatukan 2 tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua ujung tulang. Peranan tulang rawan hialin yaitu demi menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, tipe sendi dibagi jadi:



  • Sendi Mati





Adalah versi persendian yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang pada sendi Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Adalah tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Merupakan tipe sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, ke dua arah, atau ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya menurut arah geraknya bisa dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju mundur, kendati tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Polanya



Berdasarkan polanya, Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan menjadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni dalam lutut.

Demikian ulasan tentang Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi Dan Gambarnya"

Post a Comment