Contoh Sendi Dan Gambarnya

Contoh Sendi Dan Gambarnya - Sendi adalah contoh bagian yang sangat penting dalam tubuh.

Sendi yaitu penyatu antar tulang sehingga tulang dapat bergerak. Hubungan antar tulang tersebut diartikan dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu ada di tubuh manusia dan hewan.

Peran sendi yaitu memberikan plastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi berfungsi untuk sumbu anggota gerak. Adapula tipe sendi pada tubuh yang hanya memberikan sekelumit mobilitas, meski demikian sangat berfungsi dalam memberi kestabilan di tubuh.

Semua jumlah sendi pada tubuh manusia ialah lebih kurang 360 sendi.

Bagian Pembentuk Contoh Sendi Dan Gambarnya



Contoh Sendi Dan Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan seperti pita yang tertata atas serabut liat yang erat antar tulang dalam sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergeseran lokasi ketika sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan barisan berserabut yang melindungi sendi. Elemen di dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyambungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua pucuk tulang. Peranan tulang rawan hialin ialah suapaya menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Berdasarkan ciri pergerakannya, contoh persendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis





Adalah versi persendian yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang pada sendi Sinartosis (Sendi Mati) dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Merupakan tipe sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Jenis sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Merupakan macam sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, dua arah, atau ke segala arah. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Contoh Sendi Dan Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Contoh Sendi Dan Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru adalah sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Adalah tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat mengelilingi poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke samping serta mundur maju, kendati tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Contoh Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Polanya



Menurut polanya, Contoh Sendi Dan Gambarnya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago serta disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya adalah pada lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Contoh Sendi Dan Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi Dan Gambarnya"

Post a Comment