Contoh Sendi dan Penjelasannya

Contoh Sendi dan Penjelasannya - Sendi adalah contoh organ yang sangat penting dalam tubuh.

Sendi adalah penyatu antara tulang sehingga mereka dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia dan hewan.

Peranan sendi adalah memberikan plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berguna sebagai sumbu anggota gerak. Adapun tipe sendi pada tubuh yang hanya memberikan sekelumit mobilitas, biarpun sangat berperan dalam memberi kestabilan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Bagian Pembentuk Contoh Sendi dan Penjelasannya



Contoh Sendi dan Penjelasannya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tertata atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi serta menjaga agar tidak terjadi pergeseran lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan barisan berserabut yang membungkus sendi. Komponen di dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi adalah menyatukan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Peran tulang rawan hialin ialah demi menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas di kapsula sendi.

Contoh Sendi dan Penjelasannya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, contoh persendian dibedakan menjadi:



  • Sendi Mati





Adalah model sendi yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang dalam sendi Sinartosis dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Yaitu contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit pergerakan. Jenis sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah tipe persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, dua arah, maupun ke segala arah. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi dan Penjelasannya Menurut Arah Geraknya



Contoh Sendi dan Penjelasannya berdasarkan arah pergerakannya bisa dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi di tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa memutari poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju atau mundur, tetapi tidak memutari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada dalam telapak tangan.

Contoh Sendi dan Penjelasannya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Contoh Sendi dan Penjelasannya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang terdapat ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikian penjelasan tentang Contoh Sendi dan Penjelasannya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi dan Penjelasannya"

Post a Comment