Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya

Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya - Sendi adalah contoh bagian yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yaitu penyatu antara tulang sehingga mereka bisa bergerak. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi tersebut ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Manfaat sendi adalah memberikan plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berfungsi untuk sumbu anggota gerak. Ada juga tipe sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, biarpun sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan pada tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi pada tubuh manusia yaitu berkisar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang erat antar tulang dalam sendi serta menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi ketika sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang melapisi sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyatukan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas pada kapsula sendi.

Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, contoh persendian dibedakan jadi:



  • Sendi Mati





Yaitu tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, lazimnya tulang dalam sendi Sendi Mati dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Yaitu tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Contoh sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu jenis persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, ke 2 arah, ataupun ke segala arah. Contohnya diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya berdasarkan arah geraknya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar ialah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat mengitari sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi dan mundur maju, walaupun tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Strukturnya



Berdasarkan bentuknya, Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya dapat dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya ialah di lutut.

Demikianlah uraian tentang Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment