Jenis Sendi dan Penjelasannya

Jenis Sendi dan Penjelasannya - Sendi merupakan salah satu bagian yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi yaitu penghubung antara tulang sehingga bagian ini bisa digerakkan. Hubungan antar tulang ini disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi ini ada di tubuh manusia juga hewan.

Kegunaan sendi yaitu memberikan keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berfungsi untuk sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi di tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, walaupun sangat berperan dalam memberikan kestabilan pada tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi dalam tubuh manusia adalah lebih kurang 360 sendi.

Partikel Pembentuk Jenis Sendi dan Penjelasannya



Jenis Sendi dan Penjelasannya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersususn atas serabut liat yang lekat antar tulang dalam sendi serta menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi ketika sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang membungkus sendi. Komponen di kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyatukan 2 tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua penghujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin yakni demi menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas di kapsula sendi.

Jenis Sendi dan Penjelasannya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti sifat pergerakannya, contoh persendi dipilah menjadi:



  • Sinartosis





Yaitu macam persendian yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang dalam sendi Sinartosis dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Merupakan tipe sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Yaitu jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, maupun ke segala arah. Contoh diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Jenis Sendi dan Penjelasannya Menurut Arah Geraknya



Jenis Sendi dan Penjelasannya berdasarkan arah geraknya dapat dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yaitu sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Adalah tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat berputar pada poros. Contoh sendi gulung yaitu tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta maju mundur, akan tetapi tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada dalam telapak tangan.

Jenis Sendi dan Penjelasannya Menurut Strukturnya



Berdasarkan strukturnya, Jenis Sendi dan Penjelasannya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya dikaitkan oleh kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikian ulasan tentang Jenis Sendi dan Penjelasannya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi dan Penjelasannya"

Post a Comment