Macam-Macam Sendi dan Fungsinya

Macam-Macam Sendi dan Fungsinya - Sendi ialah contoh organ yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yaitu penyatu antar tulang sehingga bagian ini dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi inilah terdapat dalam tubuh manusia juga hewan.

Peran sendi yakni memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berperan untuk poros anggota gerak. Adapun jenis sendi di tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, sekalipun sangat berperan dalam memberi kestabilan di tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Bagian Pembentuk Macam-Macam Sendi dan Fungsinya



Macam-Macam Sendi dan Fungsinya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi dan menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah barisan berserabut yang melindungi sendi. Elemen dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menyambungkan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua ujung tulang. Peran tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, contoh persendi dipilah menjadi:



  • Sendi Mati





Yaitu tipe persendian yang tidak bisa digerakkan, kebanyakan tulang di persendian Sinartosis dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Yaitu contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Yaitu macam sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, ke dua arah, atau ke segala arah. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Macam-Macam Sendi dan Fungsinya Menurut Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi dan Fungsinya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat memutari poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping serta mundur maju, namun tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Macam-Macam Sendi dan Fungsinya Menurut Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Macam-Macam Sendi dan Fungsinya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dikaitkan oleh kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan jadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah pada lutut.

Demikianlah penjabaran tentang Macam-Macam Sendi dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Macam-Macam Sendi dan Fungsinya"

  1. Maaf saran saya seharusnya terdapat gambar biar lebih bagus

    ReplyDelete