Jenis Sendi Beserta Gambarnya

Jenis Sendi Beserta Gambarnya - Sendi adalah salah satu bagian yang penting dalam tubuh.

Sendi merupakan penghubung antar tulang sehingga bagian ini bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan persendian. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Manfaat sendi yakni memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi berperan untuk poros anggota gerak. Adapula tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, biarpun sangat berfungsi dalam memberikan kekuatan dalam tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia yakni kurang lebih 360 sendi.

Bagian Pembentuk Jenis Sendi Beserta Gambarnya



Jenis Sendi Beserta Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Merupakan jaringan seperti pita yang tersusun oleh serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi serta menjaga supaya tidak terjadi perpindahan lokasi ketika sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lapisan berserabut yang melindungi sendi. Elemen dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyambungkan 2 tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua pucuk tulang. Peran tulang rawan hialin ialah demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis Sendi Beserta Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, contoh sendi dibagi jadi:



  • Sinartosis





Yaitu model sendi yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang di sendi Sinartosis disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Merupakan tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Tipe sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Yaitu tipe persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Jenis Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Jenis Sendi Beserta Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Tipe sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa memutari poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi dan maju mundur, walaupun tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Jenis Sendi Beserta Gambarnya Menurut Strukturnya



Berdasarkan bentuknya, Jenis Sendi Beserta Gambarnya mampu dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan oleh kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang mempunyai ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu pada lutut.

Demikian uraian tentang Jenis Sendi Beserta Gambarnya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi Beserta Gambarnya"

Post a Comment