Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya - Sendi menjadi satu dari sekian bagian yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah penyatu antara tulang sehingga bagian ini bisa bergerak. Hubungan antar tulang ini disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini dimiliki di tubuh manusia dan hewan.

Fungsi sendi yaitu memberi plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga berguna untuk poros anggota gerak. Adapun macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, walaupun sangat berperan dalam memberikan kestabilan di tubuh.

Semua jumlah sendi pada tubuh manusia yaitu kurang lebih 360 sendi.

Unsur Pembentuk Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi serta menjaga biar tidak terjadi perpindahan lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lembaran berserabut yang melapisi sendi. Elemen di kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menghubungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua penghujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin yaitu suapaya menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Karakter Pergerakannya



Menurut karakter pergerakannya, jenis persendian dibagi jadi:



  • Sendi Mati





Yaitu tipe persendian yang tidak bisa digerakkan, kebanyakan tulang pada sendi Sinartosis disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadi sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Adalah jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, maupun ke segala arah. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Geraknya



Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya menurut arah geraknya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Contoh sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Yaitu macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping dan mundur maju, namun tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Strukturnya



Berdasarkan strukturnya, Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya disatukan dengan kartilago serta disuport oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang memiliki ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikianlah penjelasan tentang Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment