Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi adalah salah satu organ yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi adalah penyatu antar tulang sehingga mereka dapat bergerak. Hubungan antar tulang ini disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Fungsi sendi yaitu memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berfungsi sebagai sumbu anggota gerak. Adapun tipe sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, walaupun sangat bermanfaat dalam memberi keseimbangan pada tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia adalah berkisar 360 sendi.

Bagian Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang lekat antar tulang dalam sendi serta menjaga biar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang membungkus sendi. Komponen dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyambungkan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua penghujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin ialah untuk menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas di kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan sifat pergerakannya, jenis persendi dipilah menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu macam persendian yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang dalam persendian Sendi Mati dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Merupakan contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Jenis sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke 2 arah, atau ke segala arah. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Geraknya



Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah pergerakannya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi di tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Jenis sendi putar ialah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Adalah jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi dan mundur maju, kendati tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Polanya



Berdasarkan polanya, Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dihubungkan oleh kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang mempunyai ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu dalam lutut.

Demikian penjabaran tentang Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment