Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya

Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya - Sendi yaitu satu dari sekian organ yang penting dalam tubuh manusia.

Sendi yakni pemersatu antara tulang sehingga bagian ini bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut diartikan dengan persendian atau artikulasi. Sendi tersebut terdapat di tubuh manusia dan hewan.

Peran sendi adalah memberikan keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berperan untuk poros anggota gerak. Adapun jenis sendi di tubuh yang hanya memberikan sedikit mobilitas, namun sangat bermanfaat dalam memberikan kestabilan di tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu kurang lebih 360 sendi.

Komponen Pembentuk Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi serta menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Bagian di dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyatukan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Peran tulang rawan hialin yaitu demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas pada kapsula sendi.

Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, jenis persendian dipilah menjadi:



  • Sinartosis





Yaitu model sendi yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang di persendian Sinartosis dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah contoh sendi yang hanya memungkinkan terbentuk sedikit pergerakan. Jenis sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Yaitu jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, atau ke segala arah. Contoh diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya berdasarkan arah pergerakannya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yakni sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Adalah macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju dan mundur, walaupun tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya Menurut Polanya



Menurut polanya, Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya disatukan oleh kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan jadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang mempunyai ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya adalah pada lutut.

Demikianlah ulasan tentang Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi Pada Manusia dan Letaknya"

Post a Comment