Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi menjadi salah satu organ yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi merupakan penyatu antar tulang sehingga mereka bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan artikulasi atau persendian. Sendi tersebut terdapat di tubuh manusia dan hewan.

Peran sendi adalah memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi bermanfaat sebagai poros anggota gerak. Adapula tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan sekelumit pergerakan, namun sangat berfungsi dalam memberikan kestabilan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu kurang lebih 360 sendi.

Bagian Pembentuk Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang berbentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergeseran lokasi saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang melindungi sendi. Sisi pada kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyambungkan 2 tulang di sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua penghujung tulang. Peran tulang rawan hialin ialah untuk menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas di kapsula sendi.

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Mengikuti sifat pergerakannya, jenis sendi dibagi jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang pada sendi Sinartosis dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Yaitu jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Adalah tipe sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, maupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), serta sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah geraknya dapat dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Adalah tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat memutari poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan mundur maju, walaupun tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Strukturnya



Menurut bentuknya, Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya dapat dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan oleh kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan menjadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang mempunyai ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu pada lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment