Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya - Sendi merupakan contoh organ yang penting dalam tubuh.

Sendi ialah pemersatu antara tulang sehingga mereka dapat bergerak. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini ada di tubuh manusia dan hewan.

Fungsi sendi adalah memberikan plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berfungsi sebagai poros anggota gerak. Adapula macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil mobilitas, meski demikian sangat berfungsi dalam memberikan kestabilan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi dalam tubuh manusia ialah berkisar 360 sendi.

Bagian Pembentuk Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya



Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergeseran lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lapisan berserabut yang melapisi sendi. Elemen dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Manfaat tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, tipe persendi dibagi menjadi:



  • Sinartosis





Merupakan tipe persendian yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang di sendi Sinartosis (Sendi Mati) dipersatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Merupakan contoh persendian yang hanya memungkinkan terjadi sedikit pergerakan. Jenis sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan tipe persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, ataupun ke segala arah. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya Berdasarkan Arah Geraknya



Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya menurut arah pergerakannya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru adalah sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Merupakan tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi dan maju mundur, walaupun tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya Menurut Polanya



Menurut strukturnya, Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya mampu dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan dengan kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang mempunyai ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikian pemaparan tentang Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi dan Penjelasannya"

Post a Comment