Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi adalah satu dari sekian bagian yang penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah penghubung antar tulang sehingga mereka bisa bergerak. Hubungan antar tulang tersebut biasa diartikan dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu terdapat di tubuh manusia serta hewan.

Kegunaan sendi adalah memberi plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berguna sebagai sumbu anggota gerak. Ada juga macam sendi di tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, biarpun sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia ialah kurang lebih 360 sendi.

Komponen Pembentuk Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Merupakan jaringan seperti pita yang tersusun oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi dan menjaga supaya tidak terjadi perpindahan lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lapisan berserabut yang melapisi sendi. Bagian dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyambungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Fungsi tulang rawan hialin yaitu untuk menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu cairan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, jenis sendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu jenis sendi yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang dalam persendian Sinartosis dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Merupakan tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Merupakan jenis sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, atau ke segala penjuru. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah pergerakannya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel ialah sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi pada tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Merupakan tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping serta maju mundur, tetapi tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya disatukan dengan kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi ini dibagi jadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikianlah penjabaran tentang Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment