Tipe Sendi Dan Gambarnya

Tipe Sendi Dan Gambarnya - Sendi ialah contoh bagian yang penting dalam tubuh.

Sendi adalah pemersatu antar tulang sehingga bagian ini dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang ini disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Guna sendi yakni memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi bermanfaat sebagai sumbu anggota gerak. Ada juga macam sendi di tubuh yang hanya memberikan sejumput pergerakan, meski demikian sangat berperan dalam memberi kekuatan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia yakni kurang lebih 360 sendi.

Bagian Pembentuk Tipe Sendi Dan Gambarnya



Tipe Sendi Dan Gambarnya



Komponen pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tertata atas serabut liat yang erat antar tulang di sendi dan menjaga agar tidak terjadi pergeseran lokasi ketika sendi serta tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan barisan berserabut yang melapisi sendi. Elemen pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yaitu menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Tipe Sendi Dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, tipe persendian dipilah menjadi:



  • Sinartosis





Yaitu macam sendi yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang dalam sendi Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Merupakan jenis persendian yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Merupakan jenis persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Tipe Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Tipe Sendi Dan Gambarnya berdasarkan arah pergerakannya dapat dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru adalah sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar yaitu sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Adalah jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat memutari sumbu. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping serta mundur maju, namun tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Tipe Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Tipe Sendi Dan Gambarnya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang pangkal tulangnya disatukan dengan kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman juga gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikian pemaparan tentang Tipe Sendi Dan Gambarnya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi Dan Gambarnya"

Post a Comment