Tipe Sendi Beserta Gambarnya

Tipe Sendi Beserta Gambarnya - Sendi menjadi salah satu bagian yang vital dalam tubuh manusia.

Sendi yaitu pemersatu antar tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut biasa diartikan dengan persendian. Sendi tersebut ada dalam tubuh manusia juga hewan.

Fungsi sendi yakni memberi kelenturan dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga bermanfaat untuk sumbu anggota gerak. Adapula macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, sekalipun sangat bermanfaat dalam memberi kekuatan dalam tubuh.

Total jumlah sendi pada tubuh manusia yakni lebih kurang 360 sendi.

Bagian Pembentuk Tipe Sendi Beserta Gambarnya



Tipe Sendi Beserta Gambarnya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan seperti pita yang tersusun oleh serabut liat yang lekat antar tulang pada sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi ketika sendi serta tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melapisi sendi. Elemen di dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menghubungkan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua penghujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin ialah suapaya menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Tipe Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, jenis persendi dibedakan menjadi:



  • Sendi Mati





Yaitu tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, rata-rata tulang di persendian Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Merupakan jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Yaitu macam sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Tipe Sendi Beserta Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Tipe Sendi Beserta Gambarnya menurut arah geraknya bisa dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju atau mundur, akan tetapi tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Tipe Sendi Beserta Gambarnya Menurut Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Tipe Sendi Beserta Gambarnya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tanpa punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya dikaitkan dengan kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang mempunyai ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah di lutut.

Demikianlah penjelasan tentang Tipe Sendi Beserta Gambarnya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi Beserta Gambarnya"

Post a Comment