Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya - Sendi menjadi contoh organ yang vital dalam tubuh manusia.

Sendi yaitu penghubung antara tulang sehingga tulang dapat bergerak. Hubungan antar tulang tersebut biasa disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Kegunaan sendi yakni memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga berperan untuk sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi di tubuh yang hanya memberikan segelintir pergerakan, meski demikian sangat berperan dalam memberi keseimbangan di tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi di tubuh manusia ialah berkisar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang lekat antar tulang di sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lapisan berserabut yang melapisi sendi. Elemen pada kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Peran tulang rawan hialin yaitu suapaya menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas pada kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan sifat pergerakannya, jenis sendi dibagi menjadi:



  • Sinartosis





Yaitu jenis persendian yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang dalam sendi Sinartosis disatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Yaitu contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu jenis sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, ke 2 arah, maupun ke segala arah. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya menurut arah geraknya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi di tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Tipe sendi putar yakni sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Merupakan jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat memutari poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju dan mundur, akan tetapi tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan oleh kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya ialah pada lutut.

Demikian uraian tentang Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment