Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya

Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya - Sendi merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Sendi merupakan penyatu antara tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini dimiliki di tubuh manusia serta hewan.

Kegunaan sendi yaitu memberikan plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berperan untuk sumbu anggota gerak. Adapula macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan minim pergerakan, biarpun sangat bermanfaat dalam memberi keseimbangan di tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia yakni kurang lebih 360 sendi.

Komponen Pembentuk Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya



Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang lekat antar tulang pada sendi serta menjaga biar tidak terjadi perpindahan lokasi pada saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Komponen di dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyambungkan 2 tulang di sendi.



  • Kartilago Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua penghujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas di kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut karakter pergerakannya, tipe persendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah jenis persendian yang tidak dapat digerakkan, biasanya tulang pada sendi Sinartosis (Sendi Mati) dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah jenis sendi yang hanya memungkinkan terbentuk sedikit pergerakan. Jenis sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya Menurut Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya berdasarkan arah geraknya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru yakni sendi di tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Yaitu tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa berputar pada poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang dapat digerakkan ke samping serta maju dan mundur, akan tetapi tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya Menurut Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan dengan kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang memiliki ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya adalah di lutut.

Demikianlah uraian tentang Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi Serta Penjelasannya"

Post a Comment