Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi adalah satu dari sekian organ yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Sendi adalah penghubung antar tulang sehingga tulang dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan persendian. Sendi tersebut dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Guna sendi yaitu memberi plastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berfungsi untuk poros anggota gerak. Adapun jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan sejumput pergerakan, sekalipun sangat berfungsi dalam memberi kestabilan di tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi di tubuh manusia ialah berkisar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tertata atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergeseran lokasi saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lembaran berserabut yang membungkus sendi. Elemen dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyatukan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang menutupi kedua pucuk tulang. Manfaat tulang rawan hialin adalah agar menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, tipe persendi dibedakan menjadi:



  • Sinartosis





Yaitu jenis sendi yang tidak dapat digerakkan, lazimnya tulang pada persendian Sinartosis (Sendi Mati) dipersatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Adalah contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Yaitu jenis sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, ke dua arah, maupun ke segala arah. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah geraknya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Jenis sendi putar adalah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju mundur, walaupun tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Polanya



Berdasarkan polanya, Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan dengan kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan jadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikianlah penjabaran tentang Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment