Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi adalah contoh bagian yang vital dalam tubuh manusia.

Sendi yaitu pemersatu antar tulang sehingga mereka dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini terdapat di tubuh manusia juga hewan.

Fungsi sendi adalah memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga bermanfaat sebagai poros anggota gerak. Ada juga jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, namun sangat berfungsi dalam memberi kekuatan di tubuh.

Total jumlah sendi di tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tertata atas serabut liat yang mengikat antar tulang di sendi serta menjaga biar tidak terjadi perpindahan lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang melapisi sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyatukan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua penghujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin ialah untuk menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Sifat Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, contoh sendi dibedakan menjadi:



  • Sendi Mati





Yaitu versi persendian yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang dalam persendian Sinartosis dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Merupakan jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadinya kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Merupakan macam sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, atau ke segala penjuru. Contohnya diartosis antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah pergerakannya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Jenis sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yakni sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat mengitari sumbu. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan mundur maju, kendati tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Polanya



Menurut strukturnya, Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya mampu dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya disatukan dengan kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan menjadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang kesemua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya yaitu pada lutut.

Demikianlah penjelasan tentang Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment