Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya

Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya - Sendi menjadi contoh bagian yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah penyatu antara tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulang tersebut disebut dengan persendian. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia serta hewan.

Kegunaan sendi adalah memberi plastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berperan untuk poros anggota gerak. Ada juga macam sendi di tubuh yang hanya memberikan sekelumit pergerakan, meski demikian sangat berfungsi dalam memberi keseimbangan dalam tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu lebih kurang 360 sendi.

Bagian Pembentuk Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya



Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya



Bagian pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang erat antar tulang dalam sendi serta menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi ketika sendi serta tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyambungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Fungsi tulang rawan hialin adalah agar menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya Menurut Sifat Pergerakannya



Berdasarkan ciri pergerakannya, contoh persendi dibagi jadi:



  • Sinartosis





Adalah tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, lazimnya tulang di persendian Sinartosis (Sendi Mati) dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah macam sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, dua arah, ataupun ke segala penjuru. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (banyak arah).

Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya Menurut Arah Pergerakannya



Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya menurut arah pergerakannya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Contoh sendi peluru yakni sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta mundur maju, walaupun tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya Menurut Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya biasanya dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dikaitkan oleh kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang mempunyai ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan juga gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikianlah ulasan tentang Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi dan Letaknya"

Post a Comment