Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi adalah salah satu organ yang penting dalam tubuh manusia.

Sendi yakni penghubung antar tulang sehingga tulang dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut biasa disebut dengan persendian atau artikulasi. Sendi inilah ada dalam tubuh manusia serta hewan.

Peran sendi yaitu memberikan keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berguna sebagai poros anggota gerak. Ada juga macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, meski demikian sangat berfungsi dalam memberi keseimbangan pada tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi pada tubuh manusia ialah lebih kurang 360 sendi.

Komponen Pembentuk Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang lekat antar tulang di sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah barisan berserabut yang melindungi sendi. Elemen di kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyambungkan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua puncak tulang. Manfaat tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas di kapsula sendi.

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan karakter pergerakannya, jenis sendi dibagi jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Merupakan tipe persendian yang tidak bisa digerakkan, kebanyakan tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Merupakan jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan macam sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke 2 arah, ataupun ke segala arah. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (ke segala arah).

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Jenis sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan macam sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat mengelilingi poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi dan maju atau mundur, walaupun tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Strukturnya



Menurut bentuknya, Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang mempunyai ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan juga gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikian penjelasan tentang Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment