Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi ialah salah satu organ yang penting dalam tubuh.

Sendi adalah penghubung antar tulang sehingga bagian ini dapat digerakkan. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi inilah terdapat dalam tubuh manusia juga hewan.

Guna sendi adalah memberi fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga berperan untuk sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan sedikit mobilitas, meski demikian sangat berperan dalam memberi keseimbangan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia yakni sekitar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Merupakan jaringan berbentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang erat antar tulang di sendi serta menjaga agar tidak terjadi pergeseran lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lembaran berserabut yang melapisi sendi. Elemen pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menyambungkan 2 tulang di sendi.



  • Kartilago Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Peran tulang rawan hialin yakni agar menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas di kapsula sendi.

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Berdasarkan sifat pergerakannya, contoh persendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah jenis persendian yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang pada persendian Sinartosis dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Jenis sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah jenis sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, atau ke segala arah. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah geraknya bisa dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat memutari poros. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping serta maju dan mundur, kendati tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya mampu dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya dikaitkan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang seluruh sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikianlah penjabaran tentang Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment