Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi yaitu contoh organ yang sangat vital dalam tubuh manusia.

Sendi yaitu pemersatu antar tulang sehingga tulang bisa bergerak. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu ada di tubuh manusia dan hewan.

Kegunaan sendi yaitu memberikan elastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi bermanfaat sebagai poros anggota gerak. Ada juga tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan sedikit mobilitas, walaupun sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan dalam tubuh.

Total jumlah sendi di tubuh manusia adalah sekitar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Yaitu jaringan seperti pita yang tersusun atas serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang membungkus sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yaitu menyatukan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Peran tulang rawan hialin yakni agar menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas di kapsula sendi.

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, contoh sendi dibagi jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu model persendian yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang di persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah jenis sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecil pergerakan. Tipe sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Merupakan jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, ataupun ke segala penjuru. Contoh diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Geraknya



Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya berdasarkan arah pergerakannya bisa dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi di tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat memutari sumbu. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping serta maju dan mundur, tetapi tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Bentuknya



Berdasarkan bentuknya, Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan dengan kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikianlah paparan tentang Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment