Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya

Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya - Sendi yaitu contoh bagian yang vital dalam tubuh.

Sendi ialah penyatu antar tulang sehingga tulang bisa bergerak. Hubungan antar tulang ini diartikan dengan persendian. Sendi ini dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Peran sendi yaitu memberi plastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berfungsi untuk poros anggota gerak. Adapula macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, walaupun sangat bermanfaat dalam memberikan keseimbangan di tubuh.

Total jumlah sendi dalam tubuh manusia ialah sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya



Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang erat antar tulang dalam sendi serta menjaga agar tidak terjadi pergantian lokasi ketika sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lapisan berserabut yang melapisi sendi. Komponen dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menghubungkan 2 tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Manfaat tulang rawan hialin yakni demi menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas di kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, contoh persendi dibagi menjadi:



  • Sinartosis





Adalah tipe persendian yang tidak dapat digerakkan, rata-rata tulang di sendi Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Yaitu jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Jenis sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah tipe persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, dua arah, atau ke segala arah. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya Menurut Arah Pergerakannya



Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya menurut arah pergerakannya bisa dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana antara lain sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang yang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Adalah jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju mundur, tetapi tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya Menurut Strukturnya



Menurut bentuknya, Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya dihubungkan oleh kartilago dan didukung oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang seluruh sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi dan Letaknya"

Post a Comment