Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya

Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya - Sendi ialah salah satu bagian yang vital dalam tubuh.

Sendi yakni pemersatu antara tulang sehingga mereka dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan persendian. Sendi ini terdapat di tubuh manusia juga hewan.

Peran sendi yaitu memberikan kelenturan dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berguna untuk poros anggota gerak. Adapun tipe sendi dalam tubuh yang hanya memberikan segelintir pergerakan, walaupun sangat bermanfaat dalam memberikan keseimbangan di tubuh.

Total jumlah sendi di tubuh manusia yakni lebih kurang 360 sendi.

Partikel Pembentuk Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya



Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tertata atas serabut liat yang erat antar tulang dalam sendi serta menjaga agar tidak terjadi pergeseran lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Elemen dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua penghujung tulang. Peran tulang rawan hialin yakni suapaya menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Mengikuti sifat pergerakannya, contoh sendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis





Adalah model persendian yang tidak dapat digerakkan, lazimnya tulang dalam sendi Sendi Mati dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Yaitu tipe persendian yang hanya memungkinkan terbentuk sedikit pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Merupakan tipe sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke dua arah, ataupun ke segala arah. Contoh diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya menurut arah pergerakannya bisa dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi di tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Contoh sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Tipe sendi putar yakni sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Merupakan tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa berputar pada poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju atau mundur, tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya Berdasarkan Polanya



Menurut bentuknya, Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya mampu dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi menjadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang punya ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan serta gesekan antar tulang. Contohnya adalah pada lutut.

Demikianlah ulasan tentang Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi dan Letaknya"

Post a Comment