Jenis Sendi Dan Gambarnya

Jenis Sendi Dan Gambarnya - Sendi adalah satu dari sekian bagian yang vital dalam tubuh.

Sendi yaitu pemersatu antar tulang sehingga tulang dapat bergerak. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan persendian. Sendi inilah ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Peranan sendi adalah memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berperan untuk sumbu anggota gerak. Adapun macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, namun sangat berperan dalam memberi kestabilan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia yakni sekitar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis Sendi Dan Gambarnya



Jenis Sendi Dan Gambarnya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang erat antar tulang pada sendi serta menjaga supaya tidak terjadi pergeseran lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lembaran berserabut yang membungkus sendi. Elemen dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menyambungkan dua tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua puncak tulang. Peran tulang rawan hialin yakni suapaya menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas pada kapsula sendi.

Jenis Sendi Dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut karakter pergerakannya, contoh persendian dibedakan jadi:



  • Sinartosis





Merupakan macam persendian yang tidak dapat digerakkan, biasanya tulang di sendi Sinartosis dipersatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Yaitu tipe persendian yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan macam sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Jenis Sendi Dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis Sendi Dan Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Tipe sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yaitu sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat memutari sumbu. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju mundur, tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada dalam telapak tangan.

Jenis Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Menurut bentuknya, Jenis Sendi Dan Gambarnya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi ini dibagi jadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikian penjelasan tentang Jenis Sendi Dan Gambarnya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi Dan Gambarnya"

Post a Comment