Contoh Sendi Beserta Gambarnya

Contoh Sendi Beserta Gambarnya - Sendi merupakan satu dari sekian organ yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah penghubung antara tulang sehingga bagian ini bisa bergerak. Hubungan antar tulang ini disebut dengan persendian. Sendi ini dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Guna sendi yaitu memberi fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga berguna sebagai poros anggota gerak. Adapun tipe sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, biarpun sangat bermanfaat dalam memberikan kestabilan di tubuh.

Semua jumlah sendi di tubuh manusia ialah berkisar 360 sendi.

Bagian Pembentuk Contoh Sendi Beserta Gambarnya



Contoh Sendi Beserta Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang memiliki bentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang lekat antar tulang di sendi serta menjaga supaya tidak terjadi perubahan lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melapisi sendi. Komponen di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menyambungkan dua tulang pada sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Peranan tulang rawan hialin adalah untuk menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas di kapsula sendi.

Contoh Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Berdasarkan ciri pergerakannya, contoh persendi dibagi menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah jenis persendian yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang pada sendi Sendi Mati dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadi sedikit pergerakan. Jenis sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah tipe sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke 2 arah, atau ke segala penjuru. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Contoh Sendi Beserta Gambarnya Menurut Arah Geraknya



Contoh Sendi Beserta Gambarnya menurut arah geraknya dapat dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Jenis sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yakni sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa mengitari sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju dan mundur, kendati tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Contoh Sendi Beserta Gambarnya Menurut Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Contoh Sendi Beserta Gambarnya dapat dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman dan gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikian ulasan tentang Contoh Sendi Beserta Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi Beserta Gambarnya"

Post a Comment